Tembelekan | Lantana camara

tembelekan

tembelekan

TEMBELEKAN dengan nama latin Lantana camara merupakan tanaman perdu sangat berbau dengan tumbuh yang menegak atau agak memanjat. Cabang tanama; tembelekan cukup banyak dengan tinggi dapat mencapai 4 m. Ranting tembelekai berbetuk segi empat. Daunnya tunggal dan duduk berhadapan. Bentuk daunnya bula telur dengan ujung meruncing dengan pinggir bergerigi. Tulang daun tembelekar menyirip. Permukaan atas daun berambut banyak dan terasa agak kasar sedangkar permukaan bawahnya berambut jarang. Bunga tembelekan merupakan rangkaian yang bersifat rasemos dengan warna putih, merah muda, jingga kuning, dll. Buah tembelekan seperti buah buni berwarna hitam mengkilat bila sudah matang.

CARA MENDAPATKAN TEMBELEKAN
Perbanyakan tanaman tembelekan ini dapatdilakukan dengan biji. Perawatannya dengan penyiraman yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat lembab dengan cukup matahari atau ternaung. Tanaman ini dapat tumbuh di Indonesia, sering ditanam sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias, dapat tumbuh pada ketinggian dari 250-1.000 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun

KHASIAT TEMBELEKAN
Daun tembelekan digunakan untuk mengeluarkan racun yang termakan, dilaporkan dapat menjadi antitumor. Minyak atsiri tembelekan memiliki khasiat untuk mematikan bakteri. Bunga tembelekan dilaporkan dapat gunakan untuk menolak/menjauhkan nyamuk, dapat untuk membunuh nematode/cacing, serta mampu membunuh nyamuk dewasa. Tanaman tembelekan juga dilaporkan dapat menurunkan kadar gula darah dan menyembuhkan luka. Selain itu perlu diperhatikan bahwa dapat merusak hati dan dapat mengganggu organ reproduksi.

RESEP
Daun tembelekan ditumbuh hingga menjadi bubur lalu diencerkan dengan air dan disaring. Air ini kemudian diminum pada orang yang keracunan untuk memuntahkan racun berbahaya yang dimakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *