Sambang Colok | Redbird Flower

sambang-colok

sambang-colok

SAMBANG COLOK memiliki nama botani Aerva sanguinolenta Bl. Tanaman ini banyak ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias maupun tumbuh liar hingga ketinggian 2.000 m dpl. Pulau Jawa dan Madura merupakan daerah penyebarannya di Indonesia. Sambang colok merupakan tanaman menahun dengan tinggi antara 0,5-2,0 m. Batang tanaman ini berbentuk bulat dengan pangkal berkayu, mempunyai ruas dan berwarna merah keunguan. Daunnya tunggal dengan warna merah, bertangkai, berhadapan, helaian daun bentuk bulat dengan ujung terbelah, bertepi rata, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, pada sisi atas berkilat, berbulu pendek. Panjang daun berkisar 2-8 cm dengan lebar 1-5 cm dan tangkai daun panjangnya 1-6 cm. Bunga sambang colok adalah bunga majemuk berbentuk bulir yang terdapat di ketiak daun dan memiliki panjang 0,75-10 cm. Bunganya berkelamin 2 dengan tangkai sari pang- kalnya berlekatan, bentuk mangkok, kepala sari dua, tangkai putik pendek dan kecil, jumlah kepala putik 1 dengan taju 2, perhiasan bunga 5, panjang sekitar 2 mm, berbulu halus dan putih. Buah sambang colok berbentuk pipih dan hitam dengan biji kecil yang warna hitam mengkilat. Akarnya merupakan akar tunggang dengan warna merah keunguan. Senyawa fitokimia dari tanaman sambang colok yaitu alkaloid, minyak atsiri, dan flavonoid.

BAGIAN TANAMAN YANG D1GUNAKAN
Daun.

KHASIAT SAMBANG COLOK
Daun sambang colok dalam pengobatan biasa digunakan sebagai obat haid kurang teratur, obat untuk menghilangkan rasa nyeri haid, obat kencing kurang lancar, obat kencing nanah, obat kurang darah, obat keputihan, obat cacing dan obat radang rahim. Secara ilmiah sambang colok memiliki aktivitas biologis seperti antikanker, hepatoprotektor ( penjaga fungsi hati), diuretik (peluruh air seni) , antiinflamasi (anti peradangan), obat luka,

RESEP
Nyeri haid
Sebanyak 10 g daun segar dicuci bersih. Daun tersebut kemudian direbus dengan air sejumlah 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, hasil rebusan disaring untuk diminum sekaligus.

Sulit buang air kecil
Daun segar sebanyak 10 g ditambahkan 1 gelas air yang kemuadian direbus selama 15 menit. Setelah dingin, hasil rebusan disaring dan diminum sekaligus.

Radang rahim
Ambil 20 g daun segar, lalu cuci bersih daun tersebut. Daun yang telah bersih dimasukkan dalam wadah dan tambahkan 3 gelas air yang kemudian direbus selama 15 menit. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *