Remak Daging | Hemigraphis colorata

remak-daging

remak-daging

REMAK DAGING (Hemigraphis colorata Hall, f.) mengandung beragam senyawa kimia seperti natrium, kalsium, flavonoid, dan polifenol. Batang tanaman mengandung saponin dan tanin. Sementara tanin, asam siiikat, tanin dan glikosida terdapat di daun. Efek farmologi remak daging berupa rasa kelat, astrigen, anti diare, diuretik, dan menggumpalkan darah pada luka.

CARA MENDAPATKAN REMAK DAGING
Perbanyakan tanaman dengan batang tanaman ini dapat dilakukan dengan cara di stek. Perawatannya pemupukan, penyiangan gulma, penyiraman. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat ketinggian 100-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun

KHASIAT REMAK PAGING
Ekstrak daun remak daging berpotensi sebagai anti diabetes.
Daun remak daging mempunyai aktivitas sebagai obat luka.

RESEP
Diare dan disentri: Ambil 7 helai daun, lalu cuci bersih. Rebus daun dalam 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring rebusan itu dan minum. Lakukan pengobatn 3 x sehari.

Batu ginjal: Cuci bersih 27 g daun sambang darah secukupnya, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih selama 30 menit. Hasil rebusan disaring ketika dingin dan diminum. Minum ramuan 2 x sehari.

Sakit kulit: Cuci daun sambang darah secukupnya, lalu rebus dalam 3 liter air bersih hingga mendidih. Hasil rebusan dicampur dengan air bersih dibak. Campuran air itu digunakan untuk mandi.

Luka: Untuk obat luar, 7-9 daun sambang darah dan cuci bersih, kemudian lumatkan daun-daun itu dengan cara ditumbuk. Oleskan daun itu di atas luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *