Bakau Bandul | Rhizopora mucronata

bakau-bandul

bakau-bandul

BAKAU BANDUL merupakan jenis bakau dengan nama latin Rhizopora mucronata. Pohon ini memiliki akar panggung yang berfungsi untuk i diri dalam diri dalam kondisi daerah berlumpur. Selain memiliki sistem akar panggung, pohon dewasa kebanyakan memiliki akar menggantung yang tumbuh ke bawah. Akar ini tumbuh dari cabang-cabang besar yang terletak di bagian bawah dan mereka berfungsi secara alami untuk menghentikan pohon dari runtuh saat terkena gelombang dan angin kencang.

CARA MENDAPAT BAKAU BANDUL
Bakau-bandul tumbuh di daerah di mana air pasang rendah dan tinggi yang terendah dan terdiri dari tanah lunak dan berlumpur. Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji. Perawatannya ialah dengan membiarkan tanaman ini tergenang dalam air. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada daerah rawa.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Kulit batang, daun dan akar

KHASIAT BAKAU BANDUL
Bakau-bandul telah digunakan untuk mengobati diare, hal ini karena kulit batang, daun dan akarnya dilaporkan mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Batang tanaman ini memiliki sifat antioksidan dengan senyawa Chinchonain la, lb, lla, lib, Glabraosida A, B, dan syringol yang dilaporkan bertanggung jawab terhadap aktivitas antioksidannya. Selain itu, batangnya pun dilaporkan mampu mencegah peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *