Kesumba Keling | Bixa orellana

kesumba-keling

kesumba-keling

KESUMBA keling atau Bixa Orellana L biasnya tumbuh liar di hutan, di taman-tai bahkan di tepi jalan. Nama-nama daerah tanaman Kesumba Keling antara lain bunj parada (Bugis), kunyit jawa (Melayu), galinggem (Sunda), sumba keling (Jawa) kesumba (Minangkabau), taluka (Ambon). Tanaman ini selain dapat sebagai tanaman hias, fungsinya juga berguna sebagai tanaman obat tradisional dan kosmetik. Secara ekonomis tanaman ini juga merupakan bahan pewarna alami yang penting nomor 2 di dunia setelah karamel. Kesumba keling dikenal sebagai annatto di Amerika Serikat dan Inggris. Bagian rimpang digunakan sebagai bahan untuk pewarna alam.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam batang dan daun kesumba keling di antaranya tanin, kalsium, oksalat, saponin, dan lemak. Selain itu, daun, akar tumbuhan ini juga mengandung zat warna bixine, orelline, glukosida.

CARA MENDAPATKAN KESUMBA KELING
Perbanyakan tanaman biji dan stek batang. Perawatannya dengan pengendalian gulma dan hama, pemupukan serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh , dengan baik pada tempat dengan ketinggian dari 200-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun, kulit kayu/batang, akar, biji, dan rimpang

KHASIAT KESUMBA KELING
Tanaman ini digunakan sebagai pewarna alami untuk kain tenun, batik, dan sutera. Selain itu dapat juga digunakan untuk pewarna alam makanan yang aman dan tidak bersifat karsinogenik (suatu bahan yang dapat me- nyebabkan kanker karena gangguan pada proses metabolisme seluler). Bixin
yang terdapat pada tanaman memiliki sifat antioksidan, antigenotoksik (mpnKhambat mutasi DNA), antikarsinogenik, anti jamur, zat samak, dan damar. Efek farmakologis yang dimiiki oleh kesumba keling di antaranya peluruh kencing (diuretik), penurun panas (antipiretik), dan penetral racun.

RESEP
Demam
Cuci bersih 10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 600 ml air sampai airnya tersisa 300 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu tambahkan air gula seperlunya. Untuk air rebusan diminum dua kali sehari. Sementara untuk pemakaian luar, remas-remas daun kesumba keling dengan air. Glunakan air remasan untuk membasahi kepala.

Diare
Cuci bersih 10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 400 ml air sampai tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring air rebusan dan tambah madu secukupnya. Minum air rebusan 2 kali sehari.

Kurang nafsu makan
Cuci bersih 10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 400 ml air sampai tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring hasil rebusan, lalu minum dengan madu secukupnya.

Masuk angin
Cuci bersih 3-10 gdaun kesumba keling lalu rebus dalam 3 gelasair sampai tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan lalu minum dua sampai tiga kali sehari. Cara lain, cuci bersih 10 g daun kesumba keling, 10 g daun poko, 3 buah cabe jawa, dan 3 jari gula enau. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2¼ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum tiga kali sehari masing-masing ¾ gelas.

Oedem (beri-beri)

Cuci bersih 3-10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan, lalu minum 2-3 kali sehari.

Perdarahan
Rebus 3-10 g daun kesumba keling dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan, lalu minum 2-3 kali sehari.

Perut kembung
Cuci bersih 3-10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air basil rebusan lalu minum 2-3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *