Gempur Batu | Borreria hispida Schum

gempur-batu

gempur-batu

GEMPUR BATU merupakan tumbuhan liar di hutan-hutan, termasul dalam famil Rubiaceae. Daun berbentuk tombak dan berakar, daun agak kasar. Bunga kecil-ked| warnanya putih. Tanaman Gempur Batu mengandung senyawa golongan flavonoid, saponin, dan polifenol. Perbanyakan Gempur Batu dapat dilakukan dengan anakan Gempur Batu dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanah, sinal matahari yang cukup, dan dipupuk dengan pupuk organik.

CARA MENDAPATKAN TANAMAN GEMPUR BATU
Tanaman ini sering ditemui di hutan, di ladang pada tanah agak lembap pada dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl.

KHASIAT
Tanaman Gempur Batu termasuk tanaman herbal yang banyak khasiatnya. Efek farmakologis Gempur Batu di antaranya peluruh kencing dan mencegah pembentukar batu ginjal. Namun, tanaman ini sebaiknya jangan diberikan pada penderita penyakit yang menyerang perut karena dalam pemakaian yang lama, Gempur Batu dapat melemahkan usus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman Gempur Batu berpotensi digunakan sebagai antioksidan alami, antimikroba, mengatasi faktor resiko kardiovaskular, serta membantu metabolisme protein dan ekspresi gen PPAR alfa pada penderita diabetes. Selain itu mengobati batu empedu dan obat luar untuk diare.

RESEP
Batu Empedu
Herba gempur batu segar sebanyak 2 genggam ditambah air 110 ml, kemudian dibuat infus atau pipisan. Air infus diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 ml. Jika dibuat pipisan diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 1/4 cangkir.

Batu ginjal
Herba gempur batu segar sebanyak 2 genggam, ditambah herba meniran segar sebanyak 7 pohon. Semua bahan dicuci bersih kemudian ditambah air sebanya 110 ml dan dibuat infus. Air infus diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, setiap kali minum sebanyak 100 ml.

Obat luar untuk diare
Cuci bersih batang dan daun gempur batu segar, masing-masing secukupnya, lalu giling halus bersama buah adas secukupnya. Tapalkan hasil gilingan yang telah halus pada bagian perut.

Susah kencing
Cuci bersih 15 g daun segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit samjvii mendidih. Setelah dingin, kemudian saring, lalu diminum sekaligus 1 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *