Lengkuas Merah | Leucas lavandulifolia

lengkuas-merah

lengkuas-merah

LENGKUAS MERAH (Alpinia purpurata K. Schum) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. lengkuas merah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Batangnya terdiri dari susunan pelepah daun. Daunnya bulat panjang dimana daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedang bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada ujung tumbuhan. Lengkuas atau laos ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merah ukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat lebih banyak. Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih lebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisa setengah m dan lebarnya 15 cm. Lengkuas dengan bahasa latin (Alpinia galanga, Linn) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Lengkuas termasuk tumbuhan tegak yang tinggi batangnya mencapai 2-2,5 m. Bagian yang digunakan adalah rimpang.

Efek farmakologi tanaman tersebut umumnya diperoleh dari rimpang yang mengandung basonin, eugenol, galangan, alpinen, kamfer, methyl cinnamate galangol, dan senyawa flavonoid.

CARA MENDAPATKAN
Perbanyakan dengan anakan atau rimpang. Lengkuas dapat hidup di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, lebih kurang 1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Rimpang

KHASIAT LENGKUAS MERAH
Rimpang Lengkuas merah biasa digunakan untuk mengatasi gangguan perut (mual dan kembung), keputihan, masuk angin, diare, pereda, kejang, dan untuk mengatasi ejakulasi dini, serta potensi menghambat mikroba penyakit kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *