Keladi Tikus | Typhonium flagelliforme (Lodd.) Bl.

keladi-tikus

keladi-tikus

TANAMAN Keladi Tikus disebut Typhonium flagelliforme (Lodd.) Bl. atau typhoniumdivaricum (L .) Decne yang termasuk ke dalam famili tumbuhan Araceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah bira kecil, daun panta susu, kalamayong, ileus, kibabi, trenggiling mentik, nama asingnya rodenltuber.

CARA MENDAPATKAN KELADI TIKUS
Keladi Tikus dapat diperbanyak melalui benih, umbi atau anakan. Terdapat 3 jenis benih yaitu benih tunas yang didapat dari tunas-tunas (rimpang) yang keluar dari umbi dewasa, benih potong dari umbi Keladi Tikus dewasa dan benih kulit didapat dari limbah kulit Keladi Tikus saat pengolahan (pengupasan). Perawatannya dengan pengendalian hama dan gulma, pemupukan, dan penyiraman air yang cukup.Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian dari 200-1.000 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Umbi

KHASIAT KELADI TIKUS
Keladi tikus bersifat antivirus, anti bakteri serta memiliki efek farmakologis mampu membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan efek buruk kemoterapi.

RESEP
Koreng: Umbi secukupnya ditumbuk halus, tempelkan ke tempat sakit.

Frambusia: Umbi secukupnya ditumbuk halus, tempelkan ke tempat yang sakit.

Menumpas Kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, usus besar, rectum, liver, prostat, ginjal, leher rahim, tenggorokan, tulang, otak, limpa, leukemia, empedu dan pankreas.

Menetralisir racun narkoba: Umbi sebesar ujung jari dicuci bersih dengan air matang, dikeprek dan ditelan. Lakukan beberapa kali sehari. (Cara penggunaan ini berdasarkan informasi lisan dari seorang pemakai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *