Jeruk Lemon | Citrus medica var lemon

jeruk-lemon

jeruk-lemon

LEMON (Citrus medica var lemon) atauSitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Buah jeruk lemon berbentuk bulat telur dan memepunyai puting pada ujungnya.Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung. Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F). Lemon mengandung banyak zat–asam sitrat terutama, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene–yang mempromosikan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

CARA MENDAPATKAN TANAMAN LEMON
Perbanyakan tanaman cangkok batang dan biji. Perawatannya dengan pengendalian hama dan gulma, pemupukan, dan penyiraman yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat dengan ketinggian 250-1.500 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Buah.

KHASIAT LEMON
Manfaat lemon untuk wajah dan jerawat, mengurangi lelah, pusing, cemas, kanker, menyembuhkan demam, menyembuhkan flu, sakit tenggorokan, menyembuhkan kapalan, antivarises, menyembuhkan gigitan serangga, menyembuhkan hipertensi, obat lelah (fatigue), menyembuhkan eksim dan menyegarkan nafas. Selain itu sebagai antibakteri, antivirus, menambah kekebalan tubuh dan digunakan sebagai sarana menurunkan berat badan atau diet karena jus lemon membantu pencernaan dan pembersih hati.

RESEP
Wajah dan Jerawat
1. Minum jus lemon di pagi hari
2. Oleskan jus lemon segar pada jerawat dengan menggunakan kapas dan biarkan semalam. Cuci dengan air keesokan harinya. Mungkin pada awal penggunaan wajah akan sedikit panas, tetapi akan segera menghilang.
3. Campurkan satu bagian jus lemon segar dengan bagian yang sama dari mawar atau air madu. Oleskan adonan pada daerah kulit wajah. Setelah itu bilas dengan air. Terapkan dua kali sehari untuk hasil maksimal, idealnya di pagi dan sore hari.

Kanker
Campur jus lemon segar ke dalam segelas air hangat, lakukan hal ini tiga kali sehari.

Demam
Tambahkan jus dari 1 jeruk lemon dengan secangkir air panas dengan madu dan minum sekaligus, lakukan setiap 2 jam sampai reda demam atau dingin.

Flu
Minum jus segar dari 1 lemon dalam segelas air hangat setiap 2 jam.

Sakit tenggorokan
Tambahkan jus dari 1 jeruk lemon dan 1 sendok teh (5ml) garam laut untuk 1 cangkir (250 ml) air hangat. Berkumur tiga kali sehari selama 1 menit. Jika kasus tonsilitis, berkumur setiap 2 jam selama setidaknya 30 detik dengan jus segar dari 1 lemon. Miringkan kepala ke belakang untuk memungkinkan sifat antibakteri dan antivirus jus mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Dapat minum jus ketika telah selesai berkumur sehingga vitamin C bekerja lebih efektif pada tubuh.

Kapalan
Tempatkan sepotong lemon 5 mm ke perban, kemudian tempelkan pada daerah kulit yang kapalan dan kencangkan perbannya. Menyeka daerah yang terkena dengan minyak esensial lemon juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Varises
Tambahkan 6 tetes minyak lemon ke 50 ml minyak gandum, dan 2 tetes masing-masing cypress dan minyak juniper. Gunakan campuran ini setiap hari dan pijat lembut kaki dari bawah ke atas, ke arah jantung.

Gigitan Serangga
Pijat kulit yang terkena gigitan dengan 1 sampai 2 tetes minyak lemon, dicampur dengan 1 sendok teh madu. Untuk mengusir serangga, tambahkan 20 tetes minyak lemon ke dalam 1 cangkir (250 ml) air dan semprotkan ke udara.

Hipertensi
Ba wang putih dan bawang merah telah terbukti efektif dalam memerangi hipertensi, dan akan lebih baik jika ditambah dengan kekuatan penyembuhan dari lemon. Tambahkan 3 siung bawang putih dan 1 bawang merah cincang 1 liter atau lemak susu skim dingin atau rendah atau susu kedelai. Perlahan-lahan didihkan dan biarkan selama 5 menit. Tuangkan melalui saringan dan dinginkan. Tambahkan jus segar dari 3 lemon dan minum sedikit demi sedikit sepaniang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *