Bawang Merah | Allium cepa

bawang-merah

bawang-merah

BAWANG MERAH dengan nama latin Allium cepa merupakan tanaman yang dijadikan bumbu masakan. Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 bunga. Tangkai tandan bunganya sangat panjang bahkan lebih panjang dari daunnya. Buahnya berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bijinya berbentuk agak pipih.

CARA MENDAPATKAN BAWANG MERAH
Bawang merah diperbanyak dapat menggunakan biji.

KHASIAT BAWANG MERAH
Bawang merah dikenal sebagai obat antiseptik karena mengandung senyawa alliin yang oleh enzim alliinase diubah menjadi alliisin yang bersifat membunuh bakteri. Selain allisin, bawang banyak mengandung senyawa yang mengandung belerang seperti metil alil tiosulfinat dan alil metil tiosulfinat yang juga merupakan senyawa antibakteri. Senyawa mengandung sulfur lain pada bawang merah seperti S-metil sistein sulfoksida dilaporkan memiliki aktivitas antidiabetes dan juga penurun kadar lemak tubuh. Bawang merah banyak mengandung senyawa golongan flavonoid seperti kuersetin dan kuersetin glukosida. Bawang merah juga memiliki aktivitas antitrombotik, antitumor, dan antiartritic serta mengatasi kardiovaskular.

RESEP
Sebagai antibakteri: Air dari umbi bawang merah diperas lalu dihirup untuk membunuh mikroba diptreria, disentri ataupun TBC. Bawang merah mentah dapat dimakan untuk mengatasi pembekuan darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *