Durian | Durio zibethinus

durian

durian

DURIAN dengan nama latin Durio zibethinus merupakan tumbuhan berupa pohon dengan tinggi mencapai 50 m. Kulit batangnya berwarna cokelat kemerahan dan mengelupas dan beraturan. Tajuknya rindang dan renggang. Daunnya berbentuk jorong hingga Ianset dengan letak berseling. Daun durian memiliki tangkai dengan pangkal lancip atau tumpul dan ujung yang lancip melandai. Bagian atas daun durian berwarna hijau terang sedangkan bagian bawahnya tertutup sisik berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang. Bunga dan buah durian muncul langsung dari batang atau cabang tua di bagian pangkal. Bunga dan buah durian berkelompok. Kuncup bunga membulat, bertangkai dengan kelopak berbentuk tabung, daun kelopak tambahan terpecah menjadi 2-3 cuping berbentuk bundar telur. Mahkotanya berbentuk sudip sebanyak 5 helai berwarna keputihan. Bunga durian memiliki wangi yang khas.

Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulat, bulat telur hingga lonjong. Kulit buahnya tebal dan permukaannya bersudut tajam seperti duri dengan warna hijau kekuningan, kecokelatan hingga keabu-abuan.

CARA MENDAPAT DURIAN
Durian baik tumbuh di daerah tropis pada ketinggian 50-1.000 m dpl dengan intensitas cahaya matahari 40-50%. Kondisi tanah lempung berpasir subur dengan kandungan bahan organik yang baik adalah tempat tumbuh yang baik untuk durian. Perbanyakan tanaman dengan biji, okulasi (penempelan tunas) dan sambung pucuk. Perawatannya dengan pemupukan, pengendalian hama dan penyiraman air yang cukup.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Buah, kulit batang, biji, akar.

Khasiat Durian

Akar durian digunakan sebagai obat luar dan juga obat dalam terutama untuk mengatasi demam. Di Selangor, Malaysia, akar durian digunakan untuk mengobati hipertensi dan diabetes dengan cara meminum rebusan akarnya. Cairan daun durian dilumatkan bersama dengan jeringau untuk obat cantengan. Biji durian dilaporkan memiliki aktivitas membunuh bakteri. Rebusan kulit batang durian diminum di Mindanao untuk mengobati muntaber. Buah durian juga dipercaya sebagai aphrodisiac (bahan yang bisa berfungsi meningkatkan libido atau gairan seksual) bila dimakan.

Resep
Lumatan akar durian direbus dalam air, kemudian badan diuapi dengan lumatan akar sedang air rebusannya diminum untuk mengatasi demam.

Kulit batang direbus dengan air, saringan airnya diminum dapat mengobati muntaber.
Buahnya dapat langsung dimakan khasiatnya dapat meningkatkan libido.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *