Kembang Sepatu | Hibiscus rosa-sinensis

kembang-sepatu

kembang-sepatu

KEMBANG SEPATU dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis merupakan tanaman perdu lengan bunga tunggal atau rangkap yang beraneka warna tergantung varietas. Tinggi anaman ini umumnya antara 2-5 m. daunnya berbentuk bulat telur lebar atau bulat elur sempit dengan ujung daun yang meruncing. Bunga kembang sepatu terdiri dari 5 lelai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih. Bentuk bungannya seperti terompet dengan diameter sekitar 6-20 m. Putiknya menjulur ke luar dari dasar bunga dengan tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari.

CARA MENDAPATKAN KEMBANG SEPATU
Tanaman ini dapat tumbuh liar di Indonesia, sering ditanam sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias. Pembiakannya dilakukan dengan cara menyetek karena tanaman ini tidak pernah berbuah.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun dan bunga

KHASIAT KEMBANG SEPATU
Hampir seluruh bagian tanaman kembang sepatu memiliki khasiat. Akarnya yang bersifat menyejukkan berkhasiat menurunkan demam dan menyembuhkan lambung. Daunnya yang berlendir dapat mematangkan bisul. Cairan daun kembang sepatu pun diminum oleh ibu yang akan melahirkan untuk mengeluarkan lendir bayi. Daun dan bunganya dilumatkan untuk mengobati borok dan bisul. Bunganya pun digunakan secara tradisional untuk melancarkan haid.

Hasil penelitian melaporkan bahwa bunga kembang sepatu baik untuk penderita diabetes dalam menurunkan k.idar gula darah dan memperbaiki profil lemak, baik untuk memproteksi kerja jantung dan sebagai antioksidan. Daun kembang sepatu dilaporkan mampu memperbaiki tumbuhnya rambut, baik untuk menurunkan kadar gula darah, sebagai anti tumor dan memperbaiki luka kulit. Sedangkan akarnya dilaporkan dapat menjadi pengontrol kehamilan.

RESEP
1. Bunga kembang sepatu yang masih kuncup dilumatkan dalam cuka, dan diminum untuk melancarkan haid atau menggugurkan.
2. Mandi uap daun dan bunga kembang sepatu digunakan untuk meringankan radang selaput lendir di hidung.
3. Bunganya direbus dalam santan ditambah gula, lalu diminum untuk obat batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *