Daun Ungu | Graptophyllum pictum

daun-ungu

daun-ungu

DAUN UNGU termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 m. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.250 m dpl. Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segi tiga tumpul. Daunnya mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadapan, sementara bunganya bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua. Nama latin daun ungu ialah Graptophyllum pictum. Tanaman ini mengandung alkaloid, pectin, saponin, flavonoid, tannin, dan alkohol.

CARA MENDAPAT TANAMAN DAUN UNGU
Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan biji atau stek batang. Perawatan tanaman dilakukan dengan disiram dengan air yang cukup.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Bunga dan daun

KHASIAT DAUN UNGU
Penelitian yang telah dilakukan melaporkan ekstrak daun ungu memiliki efek analgesik (menghilangkan sakit). Daun ungu secara empiris digunakan untuk mengobati ambeien, melancarkan haid, diuretik (melancarkan buang air seni), mengobati rematik dan encok, serta mengobati bisul.

RESEP
Ambeien:
3-7 lembar daun ungu dan adas yang direbus bersama dengan 3 gelas air hingga mendidih. Hasil rebusan disaring lalu diminum 1 kali setiap pagi dengan teratur.

Melancarkan air seni:
1-2 genggam daun ungu dan adas ditumbuk bersama sampai halus lalu dioleskan pada bagian perut seperti param.

Melancarkan haid:

3sendok makan bunga daun ungu yangsudah dikeringkan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring dan diminum 3 hari menjelang datang bulan (haid).

Reumatik/Encok: 1-2 genggam daun ungu yang ditumbuk sampai halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit sebagai param.

Bisul: 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Daun ungu diolesi minyak kelapa kemudian dipanggang di atas api. Dalam keadaan hangat-haneat ditempelkan pada bagian yang sakit (bisul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *