Jeruk Bali | Citrus maxima

jeruk-bali

jeruk-bali

JERUK BALI memiliki nama latin Citrus maxima dan nama daerah sebagai berikut, Aceh: Boh giri, Nias: Dima kasumba, Mentawai: Muntei, Minangkabau: Limau gadang, Lampung: Limau balak, Sunda: Jeruk dalima, Jawa: Jeruk adas, Jeruk bali, Jeruk dalima, Jeruk gulung, Jeruk macan, Bali: Jeruk muntis, Flores: Mundeh, Gorontalo: Limu bongo.

Tanaman ini memiliki ciri-ciri umum pohon berukuran besar, batangnya tidak menjadi tinggi tapi tumbuh melebar, kayunya pucat, padat, dan tidak mudah dibelah. Buahnya berbentuk seperti apel sebesar kepala manusia, dan agak gepeng kedua ujungnya.

Budidaya jeruk bali dengan menggunakan biji, cangkok ataupun stek. Namun cara cangkok dinilai lebih muda dilakukan sedangkan menggunakan biji tidak disarankan.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Buah, kulit buah, daun

KHASIAT JERUK BALI
Jeruk Bali dilaporkan mampu mengatasi masalah sirkulasi darah, kulit buahnya sebagai antiserangga terutama antinyamuk. Jus buahnya sebagai pengatur kadar gula darah. Daunnya untuk antidepresi dan antibakteri. Jeruk bali juga dilaporkan memiliki kandungan vitamin C, A, Bl, B2, likopen, asam folat, kalium dan kalsium sehingga baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C dan juga golongan senyawa flavonoid pada jeruk bali membuat jeruk bali merupakan sumber antioksidan yang baik. Kandungan pectin dalam jeruk bali yang lebih tinggi dari jeruk manis dilaporkan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Jeruk bali sering dicampurkan dalam beberapa penganan di Negara kita seperti dibuat menjadi manisan, rujak, ataupun campuran salad buah. Memakan jenis makanan yang didalamnya terkandung Jeruk Bali berarti menambahkan bahan antioksidan, antikolesterol, vitamin dan mineral di dalam tubuh. Penggunaan kulit buah jeruk bali sebagai antiserangga. Selain itu, kulitnya bermanfaat untuk mengusir dahak dan batuk serta dapat mengobati asma.

RESEP
Antiserangga atau nyamuk: Kulit buah jeruk bali disayat kulitnya hingga mengeluarkan bau khas jeruk. Bau yang dikeluarkan akan membuat nyamuk menjauh.

Mengobati dahak, batuk dan asma: Caranya ialah kulit jerus diiris lalu dicampur dengan madu kemudian dikukus selama 30 menit. Hasil kukusan dicampur dengan air atau anggur lalu dikonsumsi tiap pagi dan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *