Jarak Pagar | Jatropha curcas

jarak-pagar

jarak-pagar

JARAK PAGAR dengan nama latin Jatropha curcas merupakan tumbuhan semak berkayu. Tumbuhan ini dikenal sebagai salah satu tana man yang berpotensi untuk Diodiesel. Tumbuhan ini tergolong perdu yang agak besar, bercabang tidak teratur, dan tumbuh liar di daerah tropis seperti Indonesia. Biji jarak pagar memiliki panjang sebesar 1.8-2.1 cm dan lebar 1.1 cm. Bagian luar bijinya berwarna hitam kotor suram.

CARA MENDAPATKAN JARAK PAGAR
larak pagar mudah beradaptasi pada lingkungan. Perbanyakannya dapat dilakukan melalui stek cabang atau batang maupun melalui benih.

KHASIAT JARAK PAGAR
Secara tradisional, jarak pagar digunakan untuk memecahkan pembengkakan dan mampu membersihkan luka. Selain itu, minyak jarak juga sudah lama digunakan sebagai minyak lampu. Hasil penelitian menyebutkan bahwa getah dan daun jarak memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Akar dan getahnya mampu menjadi intiinflamasi, dan akarnya juga mampu menjadi antikanker. Tanaman ini juga memiliki aktivitas antibakteri. Namun perlu diperhatikan penggunaan biji jarak pagar secara oral karena mampu menghentikan kehamilan.

RESEP
Daun minyak jarak dibakar, lalu diletakkan pada bagian yang terkena luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *