Pulai | Alstonia scholaris

diabetes

diabetes

PULAI atau Alstonia scholaris termasuk suku kamboja-kambojaan. Pulai kadang ditanam di pekarangan sebagai pohon hias seperti halnya tanaman kamboja. Tanaman ini tergolong pohon dengan tinggi 20-25 m dengan batang lurus berkayu dan percabangannya berbentuk seperti garpu. Kulit batangnya bergetah dan rasanya sangat pahit. Daunnya tunggal, berwarna hijau, tersusun melingkar 4-9 helai, berbentuk lonjong lanset, dengan panjang tangkai 7,5-15 mm, permukaan atas daun licin sedangkan permukaan bawahnya buram, tepi daun rata dan pertulangan daun menyirip. Bunga wangi berwarna hijau terang sampai putih kekuningan dan berambut halus rapat. Buahnya berbentuk pita dengan panjang 20-50 cm, menggantung. Bijinya kecil dengan panjang 1,5-2 cm, berambut pada bagian tepinya dan berjambul pada bagian ujungnya.

CARA MENDAPATKAN PULAI
Pulai yang kadang dikenal dengan nama pule, polay, kayu gabung, hanjalutung, dll biasanya diperbanyak dengan biji atau stek batang dan cabang. Tanaman ini tersebar di seluruh Indonesia.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Kulit batang, daun

KHASIAT PULAI
Kulit kayu pulai yang pahit dikenal dapat mengobati demam, malaria, limfa yang membesar, batuk berdahak, diare, disentri, kurang nafsu makan, perut kembung, sakit perut, anemia, kencing manis, wasir, gangguan haid, bisul, tekanan darah tinggi, dan rematik. Bagian lain yang bermanfaat pada pulai ialah daunnya yang diketahui dapat mengobati borok, beri-beri, payudara yang bengkak karena ASI, dan kencing manis Daun tanaman ini pun dilaporkan memiliki efek sebagai antikanker.

RESEP
Demam
3 g kulit batang pulai dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air kurang lebih selama 20 menit. Setelah dingin, air rebusan disaring dan ditambahkan madu agar lebih mudah diminum. Minum sekaligus air rebusan dan madu ini.

Malaria
Kulit batang pulai dikeringkan lalu digiling hingga menjadi bubuk. Bubuk kulit batang pulai sebanyak 2 sendok makan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Rebusan disaring setelah dingin lalu diminum.

Borok
Daun pulai digiling hingga halus lalu taburkan pada borok yang bernanah setelah borok dibersihkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *