Lampes | Ocimum sanctum

lampes

lampes

LAMPES memiliki nama latin Ocimum sanctum L dan beberapa nama daerah diantaranya Lampas; Klampas; Kemangi hutan; Kemangen; Ruruku; Ruku-ruku; Koroko; Balakama. Ciri-ciri umum tanaman ini adalah tanaman semak semusim, tinggi 30-150 cm, batang berkayu, segi empat, beralur, bercabang, berbulu, warna hijau, daun tunggal. Habitatnya tumbuh di tempat yang cukup mendapat sinar matahari, sampal ketinggian 600 m dpi. Bagian tanaman yang digunakan: daun dan biji. Kandungan kimia didalamnya antara lain minyak atsiri(eugenol), metilkavikol, musilago. Selain itu Daun dan batang mengandung cirsilineol, cirsimaritin, isothymusin , isothymonin, apigenin, rosmarinic acid, dan eugenol.

CARA MENDAPATKAN LAMPES
Perbanyakan tanaman stek batang dan biji. Perawatannya dengan pemupukan, pengendalian hama da gulma serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat dengna ketinggian 200-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun

KHASIAT LAMPES
Memiliki efek farmakologi sebagai antipiretik, ekspektoran, diuretik, diaforetik dan antioksidan.Selain itu mengobati kurang darah, pilek, demam, tegang saraf, dan rematik

RESEP
Kurang darah: daun lampes ½ genggam; daun plustru 2 lembar; daun pepaya ½ lembar; daun meniran ⅓ genggam; lempuyang 1 jari; air 5 gelas. Semua bahan di rebus dengan air 5 gelas hingga tinggal 2 gelas; sesudah dingin disaring. Diminum 2 kali sehari 1 gelas.

Pilek dan demam: rebus 1 genggam daun lampes dengan 4 gelas air hingga menjadi 3 gelas, lalu diminum airnya 3 kali sehari.

Tegang saraf dan rematik: jus satu genggam daunnya, saring, lalu diminum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *