Putri Malu | Mimosa pudica

putri-malu

putri-malu

PUTRI MALU memiliki nama latin Mimosa pudica, termasuk dalam keluarga Fabaceae. Di negara lain beragam nama diketahui untuk tanaman ini. Yang umum seperti sensitive plant, humble plant, shameful plant, sleeping grass, touch-me-not, chuimui, dan ant-plant. Selain itu di Asia Tenggara dikenal dengan makahiya (Filipina), pokok semalu (Malaysia), dan hti ka yoan. Tanaman putri malu merupakan tanaman anual atau perinal, beberapa berkayu pada batang dan membentuk belukar hingga setinggi 1 m. Daun merupakan daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun pada setiap sirip sekitar 5-26 pasang. Anak daun memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal memundar, tepi rata, permukaan atas dan bawah halus, berukuran 6- 16×1-3 mm, berwana hijau dengan tepi berwarna ungu. Jika disentuh akan melipatkan diri, menyirip rangkap, sirip terkumpul rapat sepanjang 4 – 5,5 cm.Batang putri malu berbentuk bulat, berambut dan berduri halus. Mempunyai akar pena yang sangat kuat, bunganya berbentuk bulat seperti bola dan tidak mempunya mahkota dengan kelopak bunga kecil, tabung mahkota kecil berwarna putih. Buah berbetuk polong, pipih seperti garis dan berukuran sangat kecil 1-2 cm, dengan biji berbentuk pipih berukuran 2,5 mm, berwarna cokelat pucat.

Habitat asal tumbuhan putri malu adalah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang sudah tersebar sampai ke Asia dan Australia. Di beberapa negara, putri malu dikelompokan sebagai gulma yang menganggu tanaman seperti jagung, kelapa, tomat, kapas, kopi, pisang, kedelai, pepaya, dan tebu. Beberapa senyawa kimia vang dikandung tanaman putri malu di antaranya alkaloid mimosina, flavonoid, tanin, terpenoid, glikosida, kalsium oksalat. asam jasmonat, noradrenaline, turgorina, dan mimopudina.

CARA MENDAPATKAN PUTRI MALU
Perbanyakan tanaman dengan biji. Perawatan dengan pemupukan, pengendal hama dan gulma serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian sekitar 200-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Seluruh bagian tanaman.

KHASIAT PUTRI MALU
Secara tradisional, di India, putri malu digunakan sebagai penyembuh luka, air rebusa: akar jika diminum dapat digunakan sebagai obat sakit gigi dan penurun deman pada penyakit malaria. Jus daun putri malu diketahui digunakan untuk mengatas pendarahan, disentri, dan diare, serta untuk pengobatan bronkitis. Manfaat yang lainny; adalah untuk mengatasi insomnia, batuk, cacingan, rematik, dan diuretik. Selain iti berdasarkan penelitian, tanaman putri malu juga berpotensi sebagai antikonvulsan antikejang, antibakteri, dan anti racun ular (antiophidian).

RESEP
Insomnia
– Cuci 30 g seluruh bagian tanaman putri malu segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sebelum tidul
– Sediakan bahan segar heba putri malu dan sawi langit (masing-masing 15 g) dan 30 g calincing segar (oxalis corniculata L.). Cuci bahan-bahan lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sebelum tidur.

Chronic bronchitis
– Sediakan seluruh bagian tanaman segar putri malu dan pegagan (masing-masing 30 g) lalu cuci sampai bersih. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali masing-j masing ½ gelas.
– Cuci 60 g putri malu segar, lalu potong-potong seperlunya. rebus dalam 3 gelas air dengan api kecil sampai tersisa 1 gelas. Stelah dingin saring dan air saringannya] diminum untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari. Ramuan ini diminum untuk 10 hari.

Batuk dengan dahak banyak
Cuci 15-30 g seluruh bagian tanaman putri malu, alu rebus dengan 3 gelas air samapil tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum malam haril sebelum tidur.

Cacingan/Ascariasis
15 g akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Gunakan arak putri malu ini untuk mengompres bagian sendi yang sakit.

Rheumatik
15 g akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Gunakan arak putri malu ini untuk mengompres bagian sendi yang sakit.

Batu saluran kencing
Cuci 20 g seluruh bagian tanaman putri malu segar, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Sebaiknya ramuan ini diminum pada malam hari.

Share to

Oppo F1 Plus Selfie Expert

MINYAK KEMIRI MURNI

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

MENGHILANGKAN NGOROK

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318 9991

THERMOMETER DIGITAL

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

PEMBERSIH TELINGA ELEKTRIK

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

ALAT CEK GULA DARAH

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TENSIMETER

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TIMBANGAN DIGITAL BAGUS

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TEH ASHITABA

Klik Gambar
Hubungi: WhatsApp 0812-1318-9991

BUAH MERAH ASLI PAPUA

Klik Gambar
Hubungi WhatsApp 0812-1318-9991

INGIN CEPAT HAMIL?

Visitor

Sponsored by