Cincau Hitam | Mesona palustris

cincau-hitam

cincau-hitam

CINCAU (Indonesia), Camcao, Juju, Kepleng (Jawa); Camcauh, TahuJi (Sunda). Cincau hitam (Mesona palustris BL) adalah bahan pangan tradisional Indonesia yang telah dipercaya berkhasiat sebagai obat. Ekstrak cincau hitam {(MesoncA
palustris BL) mengandung senyawa bioaktif komponen fenol, tannin, dan steroid. Cincau hitam atau yang memiliki nama latin Mesona paliustri ini memiliki daun dan batang yang menghasilkan gelatin hijau kehitaman. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 75 – 2.300 m dpi. Ciri-cirinya, berbatang kecil dan ramping. Pada ujung batang tumbuh batang-batang kecil, ada yang tumbuh menjalar ke tanah dan ada pula yang tegak. Ditambahkannya, memiliki bentuk daun yang lonjong, berujung runcing. Bentuk bunga mirip dengan kembang kemangi berwama merah muda atau putih keunguan. Tumbuhan Cincau cocok tumbuh di daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 1.000 m dpl.
Daun Mesona palustris mengandung saponin, flavonoida, tannin, komponen fenol, karbohidrat, mineral (kalsium dan folsfor), vitamin A, B1, C, kandungan kalori yang rendah, dan kandungan air yang banyak.

CARA MENDAPATKAN CINCAU HITAM
Perbanyakan tanaman dengan stek batang. Perawatan dengan pemupukan, pengendalian hama dan gulma serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian sekitar 200-1.200 m dpl.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN
Daun dan akar

KHASIAT CINCAU HITAM
Mengobati diare (sakit perut), hipertensi, demam, obat keputihan, peluruh, panas dalam, mencegah gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, obat batuk, penurun tekanan darah tinggi mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, dan bersifat kemoproventif terhadap proses karsinogenesis yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker dengan system immunoserta memiliki aktivitas antioksidan.

RESEP
Proses pembuatan diawali dengan perendaman, yang biasanya dilakukan setelah daun diremas-remas atau dihancurkan. Ada juga yang menyertakan perebusan terlebih dahulu. Pemberian soda kue dapat dilakukan sebagai pengawet. Warna cincau bermacam-macam, berkisar dari hijau hingga hijau pekat, bahkan hitam, namun disertai dengan kesan tembus pandang (transparan). Konsistensinya juga berbeda-beda. Warna dan konsistensi cincau berbeda-beda karena tumbuhan yang dipakai berbeda-beda.

Keputihan dan obat sakit perut
± 80 g seluruh bagian tanaman segar Mesona palustris, dicuci, ditumbuk, direbus dengan 5 gelas air selama 15 menit, setelah dingin diperas dan disaring. Hasil saringan ditambah 5 g gula merah, diaduk, dirninum sehari tiga kali sarna banyak pagi, siang dan sore.

Sakit perut dan hipertensi
Bahan: daun cincau secukupnya. Cara membuat: daun cincau diremas-remas, dengan air matang, disaring dan dibiarkan beberapa saat sampai berbentuk agar-agar, kemudian ditambah santan kelapa dan pemanis dari gula kelapa. Cara menggunakan: dimakan biasa.

Demam
Bahan: akar cincau secukupnya, sedu dengan air panas, lalu diminum.

Share to

Oppo F1 Plus Selfie Expert

MINYAK KEMIRI MURNI

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

MENGHILANGKAN NGOROK

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318 9991

THERMOMETER DIGITAL

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

PEMBERSIH TELINGA ELEKTRIK

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

ALAT CEK GULA DARAH

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TENSIMETER

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TIMBANGAN DIGITAL BAGUS

Klik Gambar
WhatsApp 0812-1318-9991

TEH ASHITABA

Klik Gambar
Hubungi: WhatsApp 0812-1318-9991

BUAH MERAH ASLI PAPUA

Klik Gambar
Hubungi WhatsApp 0812-1318-9991

INGIN CEPAT HAMIL?

Visitor

Sponsored by